THE EFFECT OF HERRINGBONE TECHNIQUE ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN RECOUNT TEXT AT SECOND GRADE OF SMPN 2 ENAM LINGKUNG PADANG PARIAMAN

Main Authors: Rafain, Desima, Amir, Zainuddin, Tiarina, Yuli
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2013
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/2585
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/2585/2185
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArtikel ini membahas tentang pengaruh Herringbone Technique terhadap pemahaman membaca siswa kelas VIII.3 SMPN 2 Enam Lingkung Padang Pariaman dalam teks recount. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian eksperimen. Hasil analisa posttest siswa memperlihatkan bahwa t-obtained lebih besar daripada t-table (2.8 > 2.00). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Herringbone Technique meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam teks recount yang dapat dilihat dari dua hal. Pertama, rata-rata pemahaman membaca siswa kelas VIII.3 SMPN 2 Enam Lingkung Padang Pariaman dalam teks recount secara umum meningkat dari 68.33 menjadi 80.33. Kedua, rata-rata pemahaman membaca siswa berdasarkan tiga indikator yang digunakan lebih tinngi dibandingkan dengan sebelum melakukan penelitian.Kata kunci: Herringbone Technique, Teaching Reading Comprehension, Recount Text, Junior High School.