HELPING JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS TO WRITE A DESCRIPTIVE TEXT THROUGH DRAW-LABEL-CAPTION STRATEGY
Main Authors: | Ramadani, Vivi, Saun, Saunir |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/1960 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/1960/1675 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Draw-Label-Caption strategy merupakan sebuah strategi pembelajaran individu yang digunakan untuk memudahkan siswa dalam menulis text berbahasa inggris terutama descriptive text. Agar proses pelaksanaan draw-label-caption berjalan dengan baik, guru perlu mengajarkan langkah-langkah atau proses dari draw-label-caption strategy, yaitu: (1). Pada draw stage siswa menggambar apa yang ingin di descripsikannya.(2) Pada label stage siswa memberi label pada setiap detail gambar tersebut. (3) Pada caption stage siswa mengubah label menjadi kalimat. Setelah ketiga proses tersebut, siswa menggabungkan kalimat-kalimat yang ada di caption stage tersebut menjadi sebuah paragraf. Strategi ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan ide-ide dan pemikiran mereka menjadi sebuah tulisan dalam bahasa inggris. Kata kunci: draw, label, caption, teaching writing, teaching junior high school.