EFIKASI DIRI, DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII

Main Authors: Adicondro, Nobelina; Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia, Purnamasari, Alfi; Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Ahmad Dahlan , 2011
Subjects:
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/view/448
http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/view/448/290
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mengetahui hubunganantara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulatedlearning (2) Mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan self regulatedlearning (3) Mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga denganself regulated learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa KelasVIII SMP Muhammadiyah. Total sampel penelitian berjumlah 62 siswayang dipilih dengan tekhnik cluster random sampling. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan Skala Self Regulated Learning, Skala Efikasi Diri dan Skala Dukungan Sosial Keluarga. Datakemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasilanalisis data menunjukkan: (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikanantara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulatedlearning (r=0,837, p=0,000) (2). Ada hubungan positif yang sangatsignifikan antara efikasi diri dengan self regulated learning (r = 0,836p=0,000). (3). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungansocial keluarga dengan self regulated learning (r = 0,418 p=0,002).