PENGARUH PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA

Main Authors: Saadah, Varia Nihayatus; Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Hidayah, Nurul; Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Ahmad Dahlan , 2015
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3000
http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3000/1741
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan scrabble terhadap peningkatan kemampuan membaca anak disleksia. Subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa dari Madrasah Ibtida’iyah yang memiliki kesulitan belajar membaca atau disleksia. Metode penelitian yang digunakan adalah single-case experimental design dengan pola desain A-B-A. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa tes kemampuan membaca. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis visual Conservative Dual-Criterion untuk mengetahui perubahan dan peningkatan kemampuan membaca setelah mendapat perlakuan berupa permainan scrabble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca yang lebih efektif pada subjek kedua dibanding subjek pertama. Subjek kedua diperoleh hasil perubahan kemampuan membaca sebesar enam poin, sedangkan subjek pertama diperoleh hasil perubahan kemampuan membaca sebesar tiga poin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan scrabble berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca anak disleksia.Kata Kunci : anak disleksia, kemampuan membaca, permainan scrabble