PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 2 MINGGIR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Authors: Seputri, Vica Windhi; Universitas Ahmad Dahlan, Taram, Abdul; Universitas Ahmad Dahlan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Ahmad Dahlan , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/article/view/25344
http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/article/view/25344/pdf_11
Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan kurangnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Minggir semester genap tahun ajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setting penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Minggir semester genap tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar pedoman wawancara. Uji instrumen dari penelitian ini adalah uji validitas isi. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Minggir semester genap tahun ajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu presentase keberhasilan penelitian aktivitas belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 50,43% (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 66,84% (baik).