KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS: DAMPAK MODEL HERMENEUTIKA DENGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI

Main Authors: Sari, Juwita; UIN Raden Intan Lampung, Netriwati, Netriwati; UIN Raden Intan Lampung, Yunian Putra, Rizki Wahyu; UIN Raden Intan Lampung
Format: Article info eJournal
Bahasa: in
Terbitan: Universitas Ahmad Dahlan , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/22451
Daftar Isi:
  • Pembelajaran matematika memerlukan pemahaman konsep pada proses pembelajaran untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini berjenis Quasy Eksperimental Design faktorial . Teknik pengumpulan data yakni tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Anova Satu Jalur. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat dampak penerapan model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar gamifikasi memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.