ANALISIS PROSES BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR ACAK KONKRET DAN ACAK ABSTRAK

Main Authors: Rosmayanthi, Devin; Pascasarjana Universitas Siliwangi, Ratnaningsih, Nani; Pascasarjana Universitas Siliwangi, Supratman, Supratman; Pascasarjana Universitas Siliwangi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Ahmad Dahlan , 2021
Subjects:
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/21989
http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/21989/pdf_36
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir lateral peserta didik dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari gaya berpikir acak konkret dan gaya berpikir acak abstrak. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal open ended, angket gaya berpikir Gregorc dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari empat orang peserta didik dari kelas XI SMK Karya Nasional Sindangkasih Ciamis dengan dua subjek gaya berpikir Acak Konkret (AK) dan dua subjek gaya berpikir Acak Abstrak (AA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses berpikir peserta didik dengan gaya berpikir Acak Konkret (AK) memenuhi semua aspek berpikir lateral. 2) Proses berpikir peserta didik dengan gaya berpikir Acak Abstrak (AA) memenuhi semua aspek berpikir lateral.