DAMPAK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP TINGKAT STRES ORANG TUA SD SELAMA PANDEMI COVID-19

Main Author: Wahyuningsih, Rahmawati; Universitas Negeri Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Ahmad Dahlan , 2021
Subjects:
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/20701
http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/20701/pdf_72
Daftar Isi:
  • Pandemi COVID-19 yang menyerang dunia termasuk Indonesia mengakibatkan masyarakat harus tetap di rumah saja begitupun dengan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran yang awalnya dilakukan di sekolah harus beralih ke pembelajaran daring. Pembelajaran daring menjadikan peran orang tua semakin bertambah yakni menjadi guru bagi anak-anak mereka khususnya bagi orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar. Namun tidak semua orang tua mampu untuk menggantikan peran guru di sekolah sehingga mengakibatkan terjinya parenting stress. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar terhadap pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan yang merangkum dan menyajikan fakta dari berbagai literatur yang telah ada sebelumnya. Literatur yang digunakan berupa artikel jurnal di internet menggunakan database Google Scholar. Literatur yang digunakan dalam penelitian menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Berdasarkan literatur-literatur yang telah di-review diperoleh bahwa pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 mengakibatkan sebagian besar orang tua mengalami stres selama mendampingi anak mereka belajar di rumah khususnya bagi ibu yang bekerja.