ANALISIS MODEL ANTRIAN PADA OBJEK WISATA CANDI CANGKUANG
Main Authors: | Dewi, Srie Wijaya Kesuma; Universitas ARS Bandung, Musafa, Musafa; STP ARS Internasional Bandung, Hernawan, Yosep; Universitas ARS Bandung |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Ahmad Dahlan
, 2019
|
Online Access: |
http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/15989 http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/15989/7959 |
Daftar Isi:
- Antrian wisatawan pengunjung objek wisata candi Cangkuang pada saat berada di bagian tiketing tentu akan mengalami posisi berdiri, duduk, dan sikap-sikap yang lain secara fisik, selama selang waktu tertentu. Bahkan secara psikologis, mereka menghadapi rasa kuatir hilangnya kesempatan melakukan aktifitas terjadwal lainnya. Termasuk sikap berelebihan terhadap beban antrian. Secara alamiah, mereka akan menunjukkan berbagai macam sikap, perilaku, dan tata nilai yang berbeda-beda jika berada dalam antrian.Analisis dan pengujian hipotesis terkait dengan model antrian sistem pelayanan tiketing objek wisata candi Cangkuang menghasilkan gambaran berikut ini. Tingkat kedatangan dan pelayanan pengunjung di fasilitas tiketing masing-masing terdistribusi Poisson dan Eksponensial.Selama periode kerja (07.01-08.00)-(16.01-17.00), kinerja sistem antrian 2 jalur lebih menghemat waktu kerja 39,74% - 95,46% dibandingkan dengan sistem antrian 1 jalur.