MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Main Authors: Yuliani, Yuliani; UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, Destiniar, Destiniar; UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, Jayanti, Jayanti; UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Ahmad Dahlan , 2020
Subjects:
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/14486
http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/14486/pdf_18
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 12 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan Pretest and Posttest Group. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dimana teknik analisis datanya menggunakan gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis uji N-Gain data tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) diperoleh indeks gain 0,62 yang interpretasinya sedang dengan nilai rata-rata Pretest yaitu 55,64 dan nilai rata-rata Posttest yaitu 83,32. Maka dapat disimpulkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 12 Palembang di katagorikan sedang.