RELEVANSI MATERI POKOK MATEMATIKA PADA TEMA 1 KELAS I SD DENGAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)

Main Author: Kusainun, Noven; Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Ahmad Dahlan , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/14145
http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/14145/pdf_44
Daftar Isi:
  • Pembelajaran di SD saat ini diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tinggi atau yang dikenal dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) bukan lagi Lower Order Thinking Skills (LOTS). Begitu pula pada pembelajaran matematika, termasuk pada materi pokok atau kompetensi dasarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi materi pokok matematika MI pada tema 1 kelas I SD dengan HOTS. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka (library research). Data primer yang digunakan adalah buku guru dan buku siswa tema 1 kelas I SD, sedangkan data sekundernya adalah teori-teori maupun gagasan dari buku dan jurnal ilmiah yang relevan. Analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis). Hasil dalam penelitian ini adalah materi pokok matematika pada tema 1 kelas I SD belum relevan dengan HOTS. Sebagian besar indikator matematika pada tema I kelas I SD masih termasuk dalam LOTS (C1, C2, dan C3). Agar dapat relevan dengan HOTS, guru sebaiknya melakukan pengembangan materi yang dapat dimulai dengan menyusun kembali indikator matematika, pembelajaran, dan penilaian yang disesuaikan dengan aspek-aspek HOTS.