EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTISENSORIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD INKLUSI
Main Authors: | Komalasari, Mahilda Dea; Universitas PGRI Yogyakarta, Pamungkas, Bayu; Universitas PGRI Yogyakarta |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Ahmad Dahlan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12582 http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12582/6240 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas multimedia interaktif berbasis multisensoris dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah dasar inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan subjek siswa kelas II SDN Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang menggunakan dan tidak menggunakan multimedia interaktif berbasis multisensoris dalam pembelajaran. (2) Multimedia interaktif berbasis multisensoris efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil uji coba lapangan yang diperoleh skor uji-t -19.061 dengan Sig. 0,000. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan antara sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis multisensoris. Adanya perbedaan prestasi belajar dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis multisensoris, dapat dijadikan informasi dan bahan pertimbangan tentang pemanfaatan media yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga diharapkan siswa lebih mudah dalam belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.