PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Main Author: | Waluyo, Ardi; Universitas Kristen Satya Wacana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Ahmad Dahlan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12571 http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12571/6229 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan metode studi dokumen, yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data dari penelitian-penelitian yang sudah ada sebelumnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal pada beberapa media elektronik seperti digital library, internet, maupun koleksi jurnal perpustakaan. Penelusuran jurnal dilakukan melalui Google Cendekia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended dengan kemampuan berpikir kreatis siswa dalam mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Hasil data yang diperoleh dari beberapa sumber penelitian yang diterbitkan dibeberapa jurnal selanjutnya dianalisis dan simpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran matematika dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan konvesional.