Penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) sebagai upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa
Main Author: | Miskijem, Miskijem; Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dlingo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Ahmad Dahlan
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/view/23200 http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/view/23200/23200 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Penelitian Tindakan Kelas digunakan sebagai metode penelitian berdasarkan model Kemmis dan McTaggart. Paradigma ini dimulai dengan perencanaan, kemudian ke tindakan, kemudian ke observasi, dan akhirnya ke kegiatan refleksi dan penilaian. Dalam dua siklus, penelitian ini dilakukan pada 19 siswa (6 perempuan dan 13 laki-laki) dari kelas X Elektronika A SMKN 1 Dlingo. Instrumen yang digunakan adalah instrumen aktivitas siswa dan instrumen hasil belajar. Dalam penelitian ini nilai KKM adalah 60. Sedangkan tingkat keaktifan siswa minimal cukup (>80 persen). Data aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 46% dan pada siklus 2 sebesar 11% sehingga penggunaan pendekatan STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK berhasil.