Penerapan collaborative learning bagi pendidik sebaya di sekolah tentang pendidikan seksual dengan metode evalusi Kirkpatrick
Main Authors: | Amnur, Ibrahim, Prabandari, Yayi Suryo, Claramita, Mora |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/view/7328 https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/view/7328/20607 https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/downloadSuppFile/7328/187 |
Daftar Isi:
- Evaluation of collaborative learning for peer educators of sexual education with Kirkpatrick methodPurposeThis research aimed to evaluate the collaborative learning outcomes of the application of Kirkpatrick method for peer educators on sexual education in schools. MethodThis research was a quantitative study with a quasi-experimental design. Educators/peer tutors from two schools were grouped into two groups, namely the intervention group and the control group. ResultsResults of the study describes the Kirkpatrick evaluation on collaborative learning methods in peer educators in schools, namely: 1) The majority of participants were satisfied with the results of the intervention group training; 2) there was an increase in knowledge and skills in the control group and intervention during the pretest and posttest; 3) increased knowledge and skills of collaborative learning participants with better training than in the control group; and 4) the intervention group could conduct collaborative learning as a result of the training given. ConclusionThrough the training methods of collaborative learning, the knowledge and skills of participants increased significantly compared to the control group, and participants could apply the training about sexual education in schools while doing health education and distributing brochures on sexual education.
- Latar belakang: Pendidikan seksual merupakan hal yang penting dalam kehidupan remaja guna meningkatkan pengetahuan remaja dalam konteks biologis, kognitif dan sosial emosional, progresi perkembangan dan isu-isu remaja. Pendidik/tutor sebaya merupakan metode pendidikan yang terbukti dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan remaja dalam meningkatkan perilaku seksual yang aman di kalangan mahasiswa dalam perilaku seksual. Salah satu metode baru yang dapat diaplikasikan dalam pelatihan pendidik/tutor sebaya dengan tujuan tersebut di atas adalah dengan collaborative learning. Dalam pelaksanaannya, metode collaborative learning perlu dievaluasi. Peneliti akan menggunakan metode evaluasi Kirkpatrick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan metode collaborative learning dievaluasi menurut metode Kirkpatrick bagi pendidik sebaya tentang pendidikan seksual di sekolah.Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan disain quasi experimental. Pendidik/tutor sebaya dari 2 sekolah dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol.Hasil: Sebagian besar peserta kelompok intervensi puas dengan hasil pelatihan. Ada peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada kelompok kontrol dan intervensi pada saat pretest dan posttest. Peningkatan pengetahuan dan keterampialn peserta dengan pelatihan collaborative learning lebih baik dibanding dengan kelompok kontrol' Kelompok intervensi melakukan kegiatan hasil dari pelatihan collaborative learning yang diberikan.Kesimpulan: Dengan pelatihan metode collaborative learning, peserta bertambah pengetahuan dan keterampilan secara signifikan setelah mendapatkan pelatihan collaborative learning dibandingkan dengan kelompok kontrol, peserta menerapkan hasil pelatihan tentang pendidikan seksual di sekolah seperti melakukan penyuluhan kesehatan dan pembagian brosur tentang pendidikan seksual.