Efektivitas Pendidikan Kesehatan Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Anemia pada Remaja Putri

Main Authors: Yunanda, Rista, Gumilang, Lani, Martini, Neneng, Elba, Fardila, Susanti, Ari Indra
Format: Article info Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada , 2019
Subjects:
Online Access: https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/view/47074
https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/downloadSuppFile/47074/8499
https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/downloadSuppFile/47074/8500
https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/downloadSuppFile/47074/8501
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Anemia pada remaja putri dapat berdampak pada penurunan perkembangan motorik, mental dan kecerdasan. Anemia berdampak negative pada kesehatan remaja putri di masa mendatang. Kekurangan hemoglobin dapat menimbulkan komplikasi pada kehamilan dan persalinan. Dengan demikian, pendidikan kesehatan dibutuhkan untuk mencegah anemia. Retensi penyerapan informasi melalui media video sebesar 30%.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan media video terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia. Metode: Desain penelitian menggunakan quasi experimental one group pretest-posttest design. Total sampel sebanyak 53 remaja putri yang bersekolah di SMAN 1 Tasikmalaya. Sampel dipilih dengan teknik proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk data pengetahuan dan Paired Sample T Test untuk data sikap. Besaran efek dihitung dengan rumus Pearson’s Correlation Coefficient R. Hasil: Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan skor pada pengetahuan dan sikap setelah dberikan pendidikan kesehatan media video (p value <0,05). Besaran efek yang diberikan pada variabel pengetahuan yaitu 0,87 dan pada variabel sikap yaitu 0,74. Simpulan: pendidikan kesehatan media video memberikan efek yang besar terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia.AbstrakLatar Belakang: Anemia pada remaja putri dapat berdampak pada penurunan perkembangan motorik, mental dan kecerdasan. Anemia berdampak negative pada kesehatan remaja putri di masa mendatang. Kekurangan hemoglobin dapat menimbulkan komplikasi pada kehamilan dan persalinan. Dengan demikian, pendidikan kesehatan dibutuhkan untuk mencegah anemia. Retensi penyerapan informasi melalui media video sebesar 30%.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan media video terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia. Metode: Desain penelitian menggunakan quasi experimental one group pretest-posttest design. Total sampel sebanyak 53 remaja putri yang bersekolah di SMAN 1 Tasikmalaya. Sampel dipilih dengan teknik proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk data pengetahuan dan Paired Sample T Test untuk data sikap. Besaran efek dihitung dengan rumus Pearson’s Correlation Coefficient R. Hasil: Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan skor pada pengetahuan dan sikap setelah dberikan pendidikan kesehatan media video (p value <0,05). Besaran efek yang diberikan pada variabel pengetahuan yaitu 0,87 dan pada variabel sikap yaitu 0,74. Simpulan: pendidikan kesehatan media video memberikan efek yang besar terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia.Kata Kunci: Anemia, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Remaja Putri, Sikap.
  • Background: Anemia in adolescent girls reduces motoric development, mentality, and intelligence and affects adolescent girl health in the future. Lack of hemoglobin may cause some complications in pregnancy and childbirth. Thereby, health education is needed to prevent anemia. Retention of information through video is 30%. Purpose: This study investigates the effectiveness of health education using video in improving knowledge and attitude regarding anemia among adolescent girls. Method: This study used quasi-experimental with one group pretest-posttest design. Fifty-three adolescent girls studying at SMAN 1 Tasikmalaya were recruited in this study as selected through Proportionate Stratified Random Sampling. Data analysis used the Wilcoxon Signed Rank Test for knowledge data and the Paired Sample T-Test for attitude data. Pearson's Correlation Coefficient R Formula calculated the effect size. Results: The results showed improved knowledge and attitude scores after giving health education using video (p-value, < 0.05 ). The effect size of the knowledge variable was 0.87, and the attitude variable was 0.74. Conclusion: health education using video has a large effect in improving knowledge and attitude regarding anemia among adolescent girls.Keywords: Anemia, Attitude, Adolescent Girls, Health Education, Knowledge