Edukasi kesehatan gigi dan mulut anak melalui game pada guru TK
Main Authors: | Fatimah, Siti, Widyandana, Widyandana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/view/26270 https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/view/26270/20543 |
Daftar Isi:
- Dental and oral health education of children through games among kindergarten teachersPurposeThis study aims to determine the differences of knowledge about the dental and oral health of children before and after instruction with the game method called “Rangking I” among kindergarten teachers. MethodsThis research was a quasi experimental study with quantitative data analysis using a one group experimental design. A total of 29 kindergarten teachers were educated by the game method called “Rangking 1”. Changes in knowledge before and after education were measured using a pre-test and post-test. ResultsThe Wilcoxon test showed that education with the “Rangking 1” game method and lectures can be effective in improving the knowledge of kindergarten teachers related to oral and dental health. ConclusionThe game method “Rangking 1” can increase the knowledge of dental and mouth health in kindergarten teachers significantly. Schools need to consider implementing learning methods through games for kindergarten children.
- Latar Belakang: Untuk melakukan promosi kesehatan gigi dan mulut dibutuhkan metode yang interaktif agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Guru TK dapat menjadi salah satu agen dalam promosi kesehatan gigi dan mulut pada anak. Penelitian ini menggunakan game Rangking 1 untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak pada guru TK. Penelitian bertujuan mengetahui perbedaaan pengetahuan sebelum dan setelah dilakukan edukasi kesehatan gigi dan mulut anak dengan metode game Rangking I pada guru TK.Metode: Metode penelitian yang dilakukan yaitu quasi experimental dengan rancangan penelitian kuantitatif one group experimental design. Sebanyak 29 guru TK diedukasi dengan metode game Rangking 1. Perubahan pengetahuan sebelum dan setelah edukasi diukur dengan menggunakan pre-test dan post-test.Hasil: Uji Wilcoxson menunjukkan edukasi dengan metode game Rangking 1 dan ceramah dapat efektif dalam meningkatkan pengetahuan guru TK terkait kesehatan gigi dan mulut.Kesimpulan: Metode game Rangking 1 dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada guru TK secara signifikan.