Promosi kesehatan menggunakan gambar dan teks dalam aplikasi WhatsApp pada kader posbindu

Main Authors: Ekadinata, Nopryan, Widyandana, Doni
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada , 2018
Subjects:
Online Access: https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/view/26070
https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/view/26070/20032
Daftar Isi:
  • Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program edukasi tentang diabetes tipe 2 melalui media WhatsApp pada tingkat pengetahuan dan kepuasan belajar kader Posbindu.Metode: Penelitian eksperimental ini dilakukan pada 1 grup dengan 33 responden. Intervensi terdiri dari 2 tahap, yakni: pengiriman pesan teks edukasi tentang diabetes pada minggu pertama dan pesan bergambar pada minggu kedua. Instrumen penelitian ini terdiri dari kuesioner pengetahuan dan kuesioner kepuasan belajar. Penelitian dilakukan pada kader Posbindu dengan intervensi pengiriman pesan melalui WhatsApp.Hasil: Terdapat perubahan signifikan antara rerata nilai pre test , post intervensi pengriman pesan teks dan post intervensi pengiriman gambar edukasi pada variabel tentang pengetahuan diabetes tipe 2. Sedangkan pengiriman pesan bergambar memiliki rerata nilai kepuasan belajar paling tinggi.Implikasi Praktis: Penelitian ini menyarankan program promosi dan edukasi kesehatan melalui pengiriman pesan bergambar pada aplikasi WhatsApp efektif meningkatkan pengetahuan dan kepuasan belajar.Keaslian: Penelitian ini menyatakan bahwa WhatsApp adalah media pendidikan potensial karena merupakan media interaktif antara pengirim dan penerima pesan.
  • PurposeThis study aimed to determine the effectiveness of educational programs through WhatsApp media on the level of knowledge and satisfaction of learning of Posbindu health workers.Methods This study was an experimental research on 1 group that consisted of 33 respondents. Two stages of intervention were done with sending an educational text message about diabetes in the first week and picture messages in the second week. The instruments of this study consisted of a knowledge questionnaire and a learning satisfaction questionnaire. The study was conducted on Posbindu health workers with message delivery interventions through WhatsApp.ResultsThere was a significant change between the mean pre-test and post intervention of text messaging and educational images on knowledge of type 2 diabetes variables, while the delivery of picture messages had the highest mean value of learning satisfaction.Conclusions Promotion and health education programs through message delivery on WhatsApp effectively can improve the knowledge and satisfaction of learning about type 2 diabetes mellitus.