EFEKTIVITAS PROMOSI ATRAKSI SAPU LIDI PADA PENINGKATAN WISATAWAN DI DESA MAMALA DAN MORELLA MALUKU TENGAH

Main Author: V. F Pesulima, Merry
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Seni Indonesia Yogyakarta , 2013
Subjects:
Online Access: http://journal.isi.ac.id/index.php/joged/article/view/527
Daftar Isi:
  • Pengembangan potensi pariwisata telah terbukti mampu memberi dampak positif dengan adanyaperubahan yang besar dalam kehidupan masyarakat. Secara ekonomi pariwisata memberi dampak dalamperluasan lapangan usaha dan kesempatan kerja, meningkatan income dan terjadinya interaksi sosial budayaantara pendatang dan penduduk setempat. Salah satu sektor di Maluku yang mendukung sumber devisa bagipemerintah Maluku adalah sektor kepariwisataan. Perencanan dan program pengembangan dan perluasaninformasi yang tepat dan penuh perhatian serius dari Pemerintah diharapkan dapat meningkatkan“Efektivitas Promosi Atraksi Sapu Lidi (Pukul Manyapu) Pada Peningkatan Wisatawan di Desa Mamala danMorela, Kabupaten Maluku Tengah”.Berdasarkan masalah yang dikemukakan bisa diketahui apakah ada efektivitas promosi wisata padatingkat kunjungan wisatawan untuk menyaksikan Atraksi Sapu Lidi (Pukul Manyapu) di Desa Mamala danMorela, Kabupaten Maluku Tengah? Jumlah kunjungan wisatawan untuk menyaksikan event Atraksi SapuLidi (Pukul Manyapu) di Desa Mamala dan Morela, dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2012 yangmengalami peningkatan pada jumlah kunjungan wisatawan sehingga perlu adanya tambahan biaya promosi.Ini dibuktikan dari hasil analisis nilai signifikan lebih kecil 5% (lima persen).Kontribusi terbesar adanya efektivitas promosi pada kunjungan wisatawan (Y) dengan nilai thitungsebesar 6,054 dengan tingkat signifikansi 0,002 (p<0,05). Hasil analisis regresi sederhana untukmembuktikan secara statistik bahwa keseluruhan koefisien regresi dari indikator variabel bebas yangdigunakan dalam analisis ini berdasarkan nilai Fhitung. Hasil pengujian diperoleh nilai Fhitung hitung sebesar36,654 dengan signifikansi sebesar 0,002. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 5% (p<0,05), makamodel regresi dengan variabel biaya promosi wisata (X) berpengaruh signifikan terhadap kunjunganwisatawan untuk menyaksikan Atraksi Sapu Lidi (Pukul Manyapu) di Desa Mamala dan Morella, KabupatenMaluku Tengah.Kata kunci: efektivitas, promosi wisata, wisatawan, Atraksi Sapu Lidi