PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH I KALASAN TAHUN 2014/2015
Main Author: | Rukiati, Endang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Yogyakarta
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/9664 https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/9664/7712 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis diskripsi. Hasil penelitian sebagai berikut bahwa 1) model pembelajaran numbered heads together menggunakan LKS siswa termotivasi dan aktif dalam mengikuti belajar mengajar, serta pembelajaran menyenangkan dan bermakna. 2) model pembelajaran numbered heads together dapat menumbuhkan motivasi yang tinggi yang berdampak meningkatkan hasil prestasi di atas KKM dengan rata-rata 80.