PENGARUH PENERAPAN E-COMMERCE, ENDORSER CREDIBILITY, DAN BRAND EQUITY TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM KABUPATEN BULELENG)

Main Authors: Sagita, I Nyoman Citra, Prayudi, Made Aristia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2021
Subjects:
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/29613
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/29613/19316
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan e-commerce, endorser credibility, dan brand equity terhadap volume penjualan pada UMKM di Kabupaten Buleleng. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana pengolahan datanya dilakukan secara statistik. Penelitian ini dilakukan pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Buleleng yang populasi adalah seluruh UMKM di Kabupaten Buleleng dengan jumlah pupolasi infinite atau tak terbatas. Dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini memiliki kriteria sampel yaitu telah menggunakan berbagai platform e-commerce, dan merupakan jenis usaha mikro, kecil, dan menengah. Sampel penelitian ini sejumlah 80 responden. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuisioner yang kemudian diolah dengan uji analisis linear berganda menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan e-commerce, endorser credibility, dan brand equity secara parsial atau individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada UMKM di Kabupaten Buleleng.