STUDI PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL TS, ST DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR

Main Authors: Sari, Selvita, Purnomo, Edy, Rizal, Yon
Other Authors: Universitas Lampung
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Unila , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/9931
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/9931/7041
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/downloadSuppFile/9931/1261
Daftar Isi:
  • The problem of this research was the low student’s social skills on IPS Terpadu. This research was aimed at finding the comparison and interaction of student’s social skills by using TS and ST model by focusing on the study interest. The method used was comparative with experimental approach. The result of analysis showed: (1) there is a difference of student’s social skills between TS and ST model on IPS Terpadu subject, (2) student’s social skills by using TS was better than ST model on IPS Terpadu subject, (3) student’s social skills by using TS was lower than ST model on IPS Terpadu subject on student who has lower of study interest, (4) there is an interaction between learning model and study interest towards social skills of students. Masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial siswa pada pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini mengetahui perbedaan dan interaksi keterampilan sosial siswa menggunakan model TS dan ST dengan memperhatikan Minat belajar. Metode yang digunakan komparatif dengan pendekatan eksperimen. Hasil analisis: (1) ada perbedaan keterampilan sosial siswa antara model pembelajaran TS dan ST dalam pembelajaran IPS Terpadu, (2) Keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model TS lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model ST dalam pembelajatran IPS Terpadu pada siswa yang minat belajarnya tinggi, (3) Keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model TS lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model ST dalam pembelajaran IPS Terpadu pada siswa yang minat belajarnya rendah, (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap keterampilan sosial siswa. Kata kunci: keterampilan sosial, minat belajar, TS, ST