PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CM, MAM DENGAN MEMPERHATIKAN BENTUK SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR
Main Authors: | Yulianto, Hendra; Universitas Lampung, Purnomo, Edy, Nurdin, Nurdin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Unila
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/4423 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/4423/2737 |
Daftar Isi:
- This research aims to know differences achievement of economics and the effectiveness of learning models CM and MaM by considering the form of questions. The research method is comparative with quasi-experimental approach. The results showed: (1)there are differences in achievement between the learning models CM with MaM; (2)no differences average achievement were tested using essay questions with multiple choice; (3)there is an interaction between learning model with the form of questions; (4)the average of study result used learning model CM which was higher than model MaM if it was tested using essay; (5)the average of study result used learning model CM which was lower than model MaM if it was tested using essay; (6)the average of study result used essay was higher than those are used multiple choice in the CM learning; (7)the average of study result used essay was lower than those are used multiple choice in the MaM learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dan efektifitas model pembelajaran tipe CM dan MaM dengan mempertimbangkan bentuk soal. Metode penelitian yang digunakan adalah komparatif dengan pendekatan eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan: (1)ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran tipe CM dengan MaM; (2)tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar yang dites menggunakan soal esai dengan pilihan ganda; (3)ada interaksi antara model pembelajaran dengan bentuk soal; (4)rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran tipe CM lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran MaM jika dites menggunakan soal esai; (5)rata-rata hasil belajar pada model pembelajaran tipe CM lebih rendah dibandingkan dengan model pembelajaran MaM jika dites menggunakan soal pilihan ganda; (6)rata-rata hasil belajar menggunakan soal esai lebih tinggi dibandingkan soal pilihan ganda pada pembelajaran CM; (7)rata-rata hasil belajar menggunakan soal esai lebih rendah dibandingkan soal pilihan ganda pada pembelajaran MaM. Kata kunci: cm, hasil belajar, mam, soal.