PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Main Authors: Saputra, Ardi Tri; Universitas Lampung, Rizal, Yon, Nurdin, Nurdin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Unila , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/4137
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/4137/2530
Daftar Isi:
  • The aim of this research is to find out the effect of learning motivation and learning way toward learning outcomes of Integrated Social Science. Method of research uses descriptive verification. Technique analysis data uses Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression. The results of research showed: (1) there is positive and significant effect of learning motivation toward learning outcomes in Integrated Social Science with total 26,3%; (2) there is positive and significant effect of learning way toward learning outcomes in Integrated Social Science with total 24,3%; (3) there is positive and significant effect of learning motivation and a learning way toward learning outcomes in Integrated Social Science with total 46,9%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif verifikatif. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa sebesar 26,3%; (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa sebesar 24,3%; (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa sebesar 46,9%. Kata kunci: cara belajar, hasil belajar, motivasi.