PENGARUH INSTAGRAM, KELOMPOK TEMAN SEBAYA, LITERASI EKONOMI, DAN LIFE STYLE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF

Main Authors: Utami, Ela, Rufaidah, Erlina, Maydiantoro, Albet
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Unila , 2019
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/17699
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/17699/pdf
Daftar Isi:
  • This research aims to determine the influence of instagram as the social media, peer group, economic literacy, and lifestyle partially and simultaneously on the consumptive behavior of twelfth grade social students in SMA Negeri 13 Bandar Lampung. The method used in this study is descriptive verification with ex post facto approaches and surveys. The population in this study is 144 students. The sample obtained was 106 students and the sampling technique was probability sampling with simple random sampling. The hypothesis testing is done by using T test partially and F test Simultanously. The result of the analysis shows that there is an influence of social media instagram, peer group, economic literacy, and life style simultaneously on the consumptive behavior of the students with 30.7%Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial instagram, kelompok teman sebaya, literasi ekonomi, dan lifestyle baik secara parsial maupun simultan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XII IPS SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa. Sampel yang diperoleh adalah 106 siswa dan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan simple random sampling. Pengujian hipotesis secara Parsial uji T dan secara Simultan uji F. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh media sosial instagram, kelompok teman sebaya, literasi ekonomi, dan life style secara simultan terhadap perilaku konsumtif sebesar 30,7%.Kata kunci : life style, literasi ekonomi, kelompok teman sebaya, media sosial instagram, dan perilaku konsumtif