Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model ST dan NHT Dengan Memperhatikan Gaya Belajar

Main Authors: Saputra, Julian Eka, Purnomo, Edy, Pujiati, Pujiati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Unila , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/12914
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/12914/pdf_36
Daftar Isi:
  • The purpose of this research is to know the difference of learning result, the interaction of using cooperative learning model of Snowball Throwing and Numbered Head Together by considering the learning style. The research method used in this research is quasi experiment with comparative approach. The data collected through the test of learning outcomes and analyzed by two-way analysis of variance analysis and two independent sample t-test. Based on the data analysis, it was found that the population of 244 students with the number of samples of 72 students, there was a difference of learning outcomes using the Snowball Throwing model more effective than Model Head Head Together by using visual style, while using Model Head Together is more effective than Snowball Throwing model by using auditorial learning style and interaction using cooperative learning model type Snowball Throwing and Numbered Head Together with attention to learning styleTujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Numbered Head Together dengan memperhatikan gaya belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan uji analasis varians dua jalan dan t-tes dua sampel independen.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa populasi sebanyak 244 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Ada perbedaan hasil belajar menggunakan model Snowball Throwing lebih efektif dibandingkan model Number Head Together dengan menggunakan gaya visual, sedangkan menggunakan model Number Head Together lebih efektif dibandingkan model Snowball Throwing dengan menggunakan gaya belajar auditorial dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Numbered Head Together dengan memperhatikan gaya belajar.Kata Kunci : gaya belajar, hasil belajar, number head together, snowballthrowing