Efektivitas Model CTL dan OEP Untuk Meningkatkan Life Skill Dengan Memperhatikan EQ

Main Authors: Pratiwi, Desni, Purnomo, Edy, Rusman, Tedi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Unila , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/12308
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/12308/pdf_4
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was to determine the effectiveness of the model CTL and OEP to improve the life skill of students with attention EQ. The method used quasi-experimental method with a comparative approach. Data analysis using the formula of two roads and t-test of two independent samples. The results of data analysis showed: There is a difference between the life skill of students whose using CTL with students model OEP on social studies integrated. Life skill of students whose using CTL model is more effective than OEP model for students who have a high EQ on social studies integrated. Life skill of students whose using OEP model is more effective than CTL learning model for students who have a low EQ on social studies integrated. There is an interaction between learning model with EQ towards life skill of students on social studies integrated. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model CTL dan OEP untuk meningkatkan life skill siswa dengan memperhatikan EQ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Analisis data menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan: Ada perbedaan life skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model CTL dengan siswa yang menggunakan model OEP pada mata pelajaran IPS Terpadu. Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model CTL lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran OEP bagi siswa yang memiliki EQ tinggi pada mata pelajaran IPS Terpadu. Life skill siswa yang menggunakan model OEP lebih efektif dibandingkan dengan model CTL bagi siswa yang memiliki EQ rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu. Ada interaksi antara model pembelajaran dengan EQ terhadap life skill siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata kunci : CTL, OEP, Life Skill, EQ