PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK LBB GO LAMPUNG

Main Authors: Alkafi, Gusmi, Rizal, Yon, Rusman, Tedi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Unila , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/10935
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/10935/7680
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/downloadSuppFile/10935/1486
Daftar Isi:
  • This study was aimed to determine the effect of dimensions service quality toward learner’s satisfaction. The method that was used in this study were descriptive verificative with ex post facto approach and survey method. The population in this research were learners of LBB GO Unit Panjaitan Bandar Lampung in academic year 2015/2016, which the number of population were 120 people and 92 people of the sample using slovin formula. The sampling method in this research was used probability sampling method by using proportional sampling. The hypothesis testing used simple linear regression and multiple linear regression. Based on the calculations the result showed that there is a positive and significant influence of dimensions service quality toward student’s satisfication at LBB GO Unit Panjaitan Bandar Lampung in academic year 2015/2016. This result was proved by looking at the calculation of Fvalue> Ftabel; which were 21.843> 2.727. Therefore, H1 was accepted and H0 was rejected. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan metode survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik LBB GO Unit Panjaitan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016, yaitu berjumlah 120 orang dan sampel 92 orang dengan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu probability sampling dengan menggunakan propotional sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multiple. Berdasarkan hasil perhitungan maka diperoleh yaitu Ada pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta didik pada LBB GO Unit Panjaitan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 21,843 > 2,727. Dengan demikian H1 diterima dan menolak Ho Kata kunci : dimensi kualitas pelayanan jasa, ganesha operation, kepuasan peserta didik