PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KETERSEDIAAN SARANA, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
Main Authors: | Muslimah, Durotul, Winatha, I Komang, Nurdin, Nurdin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Unila
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/10131 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/10131/6840 |
Daftar Isi:
- The goals in this study were to find out whether there is an influence of the learning habit, the availability of learning tools at home, family environment, and the learning environment in school against results of economics learning. Research methods used in this research was descriptive verificative with ex post facto approach. The population in this research was the whole grade X totaling 190 students, and the sample in this research totaled to 95 students which were calculated by using the formula Cochran. The data collected by using question form, were processed with the computer through the program SPSS 16. To test the hypothesis was using linear regression test. There influence study habits, the availability of learning tools at home, the family environment, the learning environment at the school on the results of the economic study. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kebiasaanbelajar, ketersediaan sarana belajar, lingkungan keluarga, lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 190 siswa, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus Cochran. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS 16. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji regresi linier.Ada pengaruh kebiasaanbelajar, ketersediaan sarana belajardi rumah, lingkungan keluarga, lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi. Kata kunci: kebiasaan, keluarga, lingkungan sekolah, sarana