IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TATALAKSANA PENYELENGGARAAN PELAYANAN JASA TERMINAL TYPE A INDIHIANG KOTA TASIKMALAYA
Main Author: | Fatimah, Astri |
---|---|
Other Authors: | Laboratorium ANE FISIP UNTIRTA |
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
JAP
, 2017
|
Online Access: |
http://ejurnal.fisip-untirta.ac.id/index.php/JAP/article/view/164 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berusaha menelaah Implementasi Kebijakan TatalaksanaPenyelenggaraan Pelayanan Jasa Terminal Type A Indihiang Kota Tasikmalaya.Permasalahannya bahwa kredibilitas atau kepercayaan masyarakat terhadap keberadaanterminal Indihiang dirasakan masih kurang. Contoh : penumpang lebih cenderungmenunggu di pool tertentu/agen di luar terminal daripada harus menunggu di terminalIndihiang. Salah satu penyebab permasalahan tersebut akibat minimnya penanganan danlemahnya organisasi pelaksana dalam mencari solusi untuk memecahkan permasalahantersebut. Penelitian ini menggunakan deskriptip kualitatif untuk menggambarkan suatuperistiwa. Pendekatan ini, memandang bahwa suatu peristiwa harus difahami secaraholistik dengan mengutakaman proses daripada hasil. Teknik pengumpulan datadilakukan melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Teknis analisis datamenggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian lapangan, diperoleh informasi bahwa ImplementasiKebijakan Tatalaksana Penyelenggaraan Pelayanan Terminal Type A Indihiang KotaTasikmalaya tidak efektif. Hal ini terjadi karena banyaknya pool-pool terminal milikswasta yang berada pada letak yang strategis jika dibandingkan dengan terminal Type AIndihiang Kota Tasikmalaya. Perlu adanya evaluasi dan duduk bersama antar berbagaistakeholder agar Terminal Type A Indihiang Kota Tasikmalaya dapat berfungsi sesuaidengan peruntukannya. Sehingga aset pemerintah ini dapat memberikan konstribusiyang besar bagi pembangunan di Kota Tasikmalaya.Kata Kunci : Implementasi Kebijakan dan Pelayanan