PENGARUH METODE FIELD TRIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PANDEGLANG

Main Author: S.Pd., M.Pd., Trisnawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2017
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/8187
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/8187/6830
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode field trip terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMAN 3 Pandeglang tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan posttest only control design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 3 Pandeglang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Pandeglang yang diambil dua kelas secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan menulis karangan deskripsi. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung 12,29 sedangkan nilai ttabel adalah 1,995. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode field trip terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMAN 3 Pandeglang tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Metode field trip dan kemampuan menulis karangan deskripsi