Analisis Wacana Pada Iklan Teh Pucuk Harum Kajian Metafora Multimodal

Main Authors: Paino, Novhira Putri, Lubis, Malan, Surip, M.
Other Authors: Universitas Negeri Medan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2024
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/53773
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/53773/23079
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa makna dari teks iklan secara kompleks yang dianalisis dengan metafora multimodal berdasarkan interpretasi sumber dan target pada bentuk verbal dan visual untuk memperkaya khazanah pengetahuan bahwa keterlibatan unsur tersebut mengiringi keberhasilan penggunaan bahasa dalam interaksi sosial. Data penelitian ini bersumber dari Youtube. Metode penelitian ini besifat deskriptif kualitatif. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teori hubungan logis intersemiotik. Analisis data dalam penelitian ini adalah kata dan kalimat baik tulisan maupun lisan, gambar, audio, gerakan dalam iklan “Teh Pucuk Harum”. Hasil penelitian menunjukkan adanya metafora multimodal dalam iklan ”Teh Pucuk Harum” yang dianalisis berdasarkan teori Charles Forceville (2017) untuk menentukan modalitas, pemetaan, domain sumber dan target, dan interpretasi makna dengan penerapan metode analisis data peneliti mengidentifikasi, mengklasifikasi, menginterpretasi, dan menyimpulkan hasil analisis data. Hal tersebut dilakukan agar makna pesan dapat terealisasikan sehingga membuat pendengar atau pembacanya lebih mudah memahami maksud dari pesan yang disajikan dari iklan ”Teh Pucuk Harum” tersebut.