PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA BERTOPIK SAMA OLEH SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI BAMBANTAHUN PEMBELAJARAN2015/2016
Main Authors: | Maulina, Ayu, Pangaribuan, Tangson R. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Medan
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/3787 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/3787/3370 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemampuan Menemukan Masalah Utama Berita Bertopik Sama oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel dilakukan secara random, sehingga sampel yang di miliki sebanyak 40 sampel. Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menemukan masalah utama berita bertopik sama setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe StadOleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2015/2016 adalah baik dengan nilai rata-rata 74,25. Sedangkan, Kemampuan Menemukan Masalah Utama Berita Bertopik Sama sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2015/2016 adalah kurang dengan nilai rata-rata 57. Model Kooperatif Tipe Stad ini berpengaruh dalam menemukan masalah utama berita bertopik sama. Ini terbukti dari hasil uji âtâ diperoleh nilai thitung >ttabel, yakni 2,40>1,68. Untuk itu perlu guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pelajaran menemukan masalah utama berita bertopik sama dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam kemampuan siswa terhadap menemukan masalah utama berita bertopik sama. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division),Menemukan Masalah Utama, Berita Bertopik Sama.