ANALISIS LAYANANLEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR (LBB)(Studi Kasus Di Lembaga Bimbingan Belajar Sony Sugema College (SSC) Jalan Kaca Piring,Surabaya)

Main Author: SANI RAMADHAN PUTRA, FADHILA
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: J+PLUS UNESA , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/16338
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPada dasarnya baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, kedua-duanya memiliki peranan yangpenting dalam transformasi sosial budaya lewat transfer dan pengembangan ilmu pengetahuan serta nilai-nilai budayapada individu dan masyarakat. Hal tersebut menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan tidak hanya di sekolahformal saja tetapi juga dapat diselenggarakan oleh lembaga luar sekolah, salah satunya adalah Lembaga BimbinganBelajar (LBB). Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) memiliki dasar yang kuat sebagai wujud partisipasi masyarakatdalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Agar Lembaga Bimbingan Belajar dapat memenuhi target tersebut makadiperlukan adanya inovasi-inovasi dalam berbagai aspek. alam segi pelayanan, Sony Sugema College (SSC) telahmemaksimalkan seluruh sumber daya yang dimilikinya untuk menciptakan layanan-layanan sesuai kebutuhan pesertadidik. Lembaga bimbingan belajar sangat besar peranannya dalam mencerdaskan bangsa karena mereka cenderungdigunakan sebagai tempat lain bagi peserta didik untuk melengkapi kekurangan ilmu yang mereka tidak dapatkan dilembaga formal yakni sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untukmengungkap gejala atau fenomena tentang bentuk dan hasil layanan yang terjadi di tempat penelitian. Sedangkanmetode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul akan dianalisisdengan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan dan verifikasi. Untukmenigkatkan kepercayaan atau hasil dari penelitian kualitatif ini, maka digunakan kredibilitas, konfirmabilitas, dantransferabilitas. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa LBB SSC melalui beragam layanannya membantu siswa untukmencapai kesuksessan para siswanya. Berbagai layanan ditawarkan kepada para siswa dalam rangka peningkatanprestasi siswa dan mengantarkan siswa menuju ke gerbang kesuksessan.Kata kunci: Kata kunci: pendidikan non formal, bimbingan belajar, layanan,The Services Form and Result of Learning Course Institution(Study case at Lembaga Bimbingan Belajar Sony Sugema College (ssc) Kaca Piring, Surabaya)ABSTRACTBasically, either formal education or non-formal education, both of them has important role in culture socialtransformation through transfer and knowledge development as well as cultural values on individual and society. Itshowed that education implementation not only on formal education but also can be implement on out schoolinstitutions, one of them is through learning course. Learning course have strong foundation as community participationform in educate nation live. In order to be able to fulfill those target, that earning course will need innovations onvarious aspects. On service aspect, Sony Sugema College (SSC) have maximize whole resources that owned to createservices based on learner’s need. Learning course’s role have important role in educate nation since they tend to appliedas other places in completing knowledge shortage that they did not received at school. This was a descriptive qualitativeresearch, which aim to explore or uncover symptoms or phenomenon concerning the form or result of services whichexisted on research site. While for data collecting method were observation, interview, and documentation. From datathat has been collected will be analyzed with qualitative analysis included data reduction, data display, and conclusionand verification. To improve reliability from the research result, it applied credibility, conformability, andtransferability. Research results showed that LBB SSC through its various services able to assist its students in reachtheir success. Various services has offered to students in order to improve their achievement and accompany them tosuccess gate.Keywords: non-formal education, learning course, service