PEMETAAN POTENSI MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATIFSEBAGAI DASAR-DASAR PERENCANAAN PROGRAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI DUSUN BANGOAN DESA KEDUNG PELUK KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO

Main Authors: MUBARROQ, HAFIDHUDDIN, MARDLIYAH, SJAFIATUL
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: J+PLUS UNESA , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/13224
Daftar Isi:
  • AbstrakTujuan yang ingin dicapai adalah memperoleh deskripsi dan analisis (1) Membangun sisteminformasi sumber daya alam dan potensi lokal dengan penerapan metode partisipatif yang dapat digunakansebagai pengembangan program pendidikan luar sekolah. (2) Memberikan gambaran program PendidikanLuar Sekolah yang dapat dikembangkan di Dusun Bangoan, Desa Kedung Peluk Kecamatan CandiKabupaten SidoarjoPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu Seluruhwarga . Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian yaitu pemetaan potensi masyarakat denganmenggunakan metode partisipatif sehingga informasi itu akan membuat pemetaan mengenai penduduk,pendidikan dan ekonomi di Dusun tersebut selanjutnya hasil pemetaan akan dikelolah menjadiperencanaan program pendidikan luar sekolah pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara mendalam, dan dokumentasi serta mengadakan forum diskusi langsung dengan masyarakatDusun Bangoan.Berdasarkan temuan peneliti dilpangan program yang berjalan di masyarakat banyak yang sia-siaartinya program pendidikan luar sekolah banyak yang bersifat mubazir dan tidak tepat sasaran sertamengakibatkan masyarakat itu menjadi tidak mandiri karena kurang dilibatkan dalam perencanaannya. Haltersebut sangat disayangkan apabila hal tersebut terjadi berulang-ulang dalam penyelenggaraannya.Berdasarkan temuan peneliti menunjukkan bahwa bahwa dalam menerapkan pendidikan luarsekolah harus disesuaikan dengan kebutuhan sasaran agar mereka dapat mencapai tujuan yang diinginkanmelalui pendidikan luar sekolah ini. Pendidikan luar sekolah yang dapat menghasilkan pendapatan wargadan kemampuan untuk menunjuang pekerjaan sangat antusias sekali warga dalam menyambut hal tersebut.Selanjutnya pembangunan dalam Dusun ini sangat diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan tarafekonomi masyarakat Dusun tersebut dari sektor pertambakannya untuk lebih pengelolahan tambaknyamenjadi lebih modern dan meminimalisir biaya operasional serta memaksimalkan keuntungannya.Kata kunci : pemetaan potensi masyarakat, metode partisipatif dan perencaanan program luar sekolah. MAPPING THE LOCAL POTENTIAL BY USING PARTICIPATIVE METHOD AS THE BASICSPLANNING OF NON-FORMAL EDUCATION PROGRAM IN DUSUN BANGOAN DESA KEDUNGPELUK KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO ABSTRACTBuilding a program of non- formal education in society must concern on all resources that is existed orsomething that can be created. In this case, there need an integration and efficient use of the resources fromboth government resources and private resources. It was the background of the researcher to conduct thisresearch. Furthermore, information system was really needed to support the implementation of non- formaleducation program. This information system that was built used participative model which meant thissystem was the collection of data that was collected from the society participation.The aims of the research were to get the description and analysis of (1) building natural resourceinformation system and local potential by using participative method which can be used as non- formaleducation development program, (2) giving the examples of the activities of non- formal education programthat can be developed in Dusun Bangoan, Desa Kedung Peluk Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.This research was a qualitative research. The source of the data which was used was all citizens.The focus of the research was society potential mapping which used participative method, so that theinformation would be delivered into non- formal education development program. The data collectiontechniques were observation, depth- interview, and documentation. It also used open discussion with theDusun Bangoan society.The result of the research was the participative method is an effective method in doing societypotential mapping because the role of the society was crucial in giving the exact and immediate informationof economy, education, and jobs conditions of the society.Those showed that the implementation of non- formal education must be capable with the targetneeds so that they could get their purposes by this non- formal education. Non- formal education couldmake the society to get additional income and skills that support them. Fortunately, they accepted itenthusiastically. Then, the development in this area was needed as an effort to increase society economylevel, especially in embankment. It should be being more modern, minimize the operational expenses andmaximize the profit.Keywords: Society Potential Mapping, Participative Method, Planning of non formal education program.