PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN TEKNIK PENGELOMPOKAN (CLUSTERING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Authors: Kumala Sari, Intan, Setiawan, Budhi, Saddhono, Kundharu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2142
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2142/1557
Daftar Isi:
  • Abstract: This study aims to improve: (1) the quality of the learning process of writing poetry, and (2) the result of poetry writing ability by applying Quantum Learning method using clustering techniques in the fifth grade students in SD N Kadilangu 1 Demak.This research is Classroom Action Research (CAR) which is implemented in two cycles. Each cycle consists of four stages: (1) planning, (2) the implementation phase, (3) the stage of observation and interpretation, and (4) stage of analysis and reflection. Percentage of student activity during apperception in the cycle I was at 68%, whereas in the second cycle to be 88%. Percentage of student interest and motivation while attending learning activities in the cycle I was increased by 63% to be 80% in cycle II. Percentage of student activeness and attention is 60% to be 75% in cycle II. Increased student ability to write poetry can also be seen from the increasing number of students who can write poetry or a student who reaches the score ≥ 65 in each cycle. In the initial survey, the percentage of students who can reach the passing score is 45%. On the cycle I was 65% and in the second cycle was 88%.. Keywords: learning process, writing ability, poetry, clustering techniques Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran menulis puisi, dan (2) kemampuan menulis puisi dengan menerapkan metode Quantum Learning dengan menggunakan teknik pengelompokan pada siswa kelas lima di SD N 1 Kadilangu Demak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: (1) perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi dan interpretasi, dan (4) tahap analisis dan refleksi. Persentase aktivitas siswa selama apersepsi dalam siklus I adalah sebesar 68%, sedangkan pada siklus II menjadi 88%. Persentase minat siswa dan motivasi saat menghadiri kegiatan belajar pada siklus I meningkat sebesar 63% menjadi 80% pada siklus II. Persentase keaktifan siswa dan perhatian adalah 60% menjadi 75% pada siklus II. Peningkatan kemampuan siswa menulis puisi juga dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang bisa menulis puisi atau mahasiswa yang mencapai skor ≥ 65 pada setiap siklus. Pada survei awal, persentase siswa yang dapat mencapai nilai kelulusan adalah 45%. Pada siklus I adalah 65% dan pada siklus II adalah 88%. Kata kunci: bahasa, rubrik, alih kode, campur kode, sosiolinguistik