Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perkuliahan di Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada Masa Covid-19
Main Authors: | Asmaroini, Ambiro Puji, Utami, Prihma Sinta, Cahyono, Hadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Civic Education Program, Universitas Negeri Semarang
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/26074 https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/26074/11291 https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/downloadSuppFile/26074/6147 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam perkuliahan di Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik kuisioner, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian, dari 18 nilai karakter yang telah disampaikan oleh pusat kurikulum dan hampir seluruhnya dilaksanakan dalam proses pembelajaran di prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada pembelajaran daring. Terdapat 14 nilai karakter yang telah disampaikan oleh pusat kurikulum dan hampir seluruhnya dilaksanakan dalam proses pembelajaran di prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada pembelajaran daring. Adapun nilai-nilai karakter tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Semua nilai-nilai karakter tersebut terwujud pada saat dilaksanakannya pembelajaran secara daring, pada saat mahasiswa mengikuti kegiatan perkuliahan bersama dosen, baik menggunakan aplikasi google meet, zoom, whatsapp group, maupun menggunakan akun e learning Universitas Muhammadiyah Ponorogo yaitu bebas.umpo.ac.id.