PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU YANG BERSERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 SURABAYA

Main Authors: HALIM YUSTIYAWAN, RACHMAN, NURHIKMAHYANTI, DESI
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Inspirasi Manajemen Pendidikan , 2014
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/6634
Daftar Isi:
  •     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) seberapa besar pengaruh dari motivasi guru yang telah bersertifikasi terhadap kinerja guru, 2) pengaruh kompetensi profesional guru yang telah bersertifikasi terhadap kinerja guru, dan 3) pengaruh motivasi dan kompetensi profesional guru yang telah bersertifikasi terhadap kinerja guru. Subjek penelitian adalah guru-guru SMP Negeri 1 Surabaya yang telah bersertifikasi sebanyak 46 guru.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner, observasi dan dokumentasi.Proses pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukan: 1) motivasi guru yang bersertifikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Surabaya dengan nilai t= 9,839 dengan singnifikan (0,000) < (0,05) , 2) kompetensi profesional guru yang telah bersertifikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Surabaya dengan nilai t= 2,850 dengan singnifikan (0,007) < (0,05) , 3) motivasi dan kompetensi profesional guru yang telah bersertifikasi secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Surabaya dengan nilai F= 77,993 dengan singnifikan (0,00) < (0,05). 4) nilai koefisien determinasi disesuiakan (R Square) sebesar 0,784 artinya 78,4% kinerja guru di SMP Negeri 1 Surabaya dipengaruhi oleh motivasi dan kompetensi profesional, dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain.   Kata kunci: motivasi, kompetensi profesional, kinerja guru