Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SMA Al Hikmah Surabaya

Main Authors: SOLIHAH, SITTATUS, , SULASMINTEN
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Inspirasi Manajemen Pendidikan , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/3806
Daftar Isi:
  •     Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuidanmenjelaskanmengenai: gayakepemimpinankepalasekolah, hambatan-hambatan yang dialamikepalasekolahdalamkepemimpinannyasertaUpayadantindaklanjut yang dilakukandalammembangunkepemimpinankepalasekolah di SMA Al Hikmah Surabaya. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganpenelitianmenggunakanstudikasus.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikwawancara, observasisertadokumentasi. Analisis data dalampenelitianinimenggunakanreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan.pengecekankeabsahan data penelitimenggunakankreadibilitas, transferabilitas, konfermabilitasdandependabilitas. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) penerapangayakepemimpinankepalasekolahdilaksankansecarakondisional, bergantungsituasidankondisisertabergantungpermasalahan yang terjadi di sekolahtersebut. Dalammenerapkangayakepemimpinantransaksional, transformasionalsertavisionerkepalasekolahmenerapkannyasesuaidenganpermasalahan yang memerlukanpenyelesaiandengangaya-gayakepemimpinan di sekolah. (2) hambatan-hambatan yang dialamiolehkepalasekolahdalamkepemimpinannyaterdapatpadasumberdayamanusiadansiswanya, (3) upayasertatindaklanjut yang dilakukankepalasekolahuntukmembangundanmengatasihambatan-hambatan yang terjadipadakepemimpinannyaadalahmelakukantindakanyaitudengancaramengikutsertakan SDM dalampelatihan. Kata kunci: gayakepemimpinan