PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD YANG MENGINTEGRASIKAN KETERAMPILAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA KHADIJAH SURABAYA PADA MATERI POKOK FISIKA FLUIDA STATIK
Main Authors: | FATMAWATI, ARI, Hariyono, Eko |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Inovasi Pendidikan Fisika
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/920 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mengintegrasikan keterampilan time token terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif. Time token merupakan keterampilan berperan serta yang membantu siswa untuk berpartisipasi secara merata dan mengurangi dominasi siswa yang berbicara. Pada penelitian ini, keterampilan time token diintegrasikan kedalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Khadijah Surabaya dan rancangan penelitian yang digunakan adalah true experimental design. Berdasarkan analisis aspek kognitif siswa menggunakan uji-t satu pihak diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa di kelas kontrol. Keterampilan time token yang diterapkan pada penelitian ini membantu siswa saling berdiskusi dan berkomunikasi dalam kelompok belajar yang heterogen, sehingga penguasaan konsep siswa menjadi lebih baik. Selain itu, melalui keterampilan time token, pengetahuan siswa tentang kosakata dalam bahasa inggris menjadi lebih baik sehingga siswa menjadi lebih mudah mengerjakan soal. Dengan penguasaan konsep dan pengetahuan tentang kosakata fisika dalam bahasa inggris yang lebih baik, hasil belajar yang diukur dari aspek kognitif melalui nilai post-test menjadi lebih baik. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, keterampilan time token, hasil belajar. Abstract The objectives of this research is describing the influence of cooperative learning models using STAD approach which integrated with time tokens skill to the students learning outcomes in the cognitive aspect. Time tokens is a participations skill that can help distribute participation more equitably and reduce the students who dominate the conversation. In this reserach, time tokens skill is integrated with cooperative learning models using STAD approach. The population is all the students of Khadijah Senior High School Surabaya in the grade XI on the natural sciences program and the research design is true experimental design. Based on the cognitive aspect analysis using t-test, the result show that the learning outcomes of students in the experimental class is better than the learning outcomes of students in the control class. Time tokens skill help students discuss and comunicate each other in heterogen learning groups, so that’s why the students understand the physics concept better than before. Time tokens skill also make the students know more about physics vocabulary in english and it makes them doing the test easily. Therefore, the students learning outcomes that measured by post-test score on cognitive aspect is better than before. Keywords: STAD approach of cooperative learning models, time tokens skill, learning outcomes.