WGES (WATER GAS ELECTROLYZER SYSTEM) STUDI EKSPERIMENTAL ELEKTROLISIS AIR TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA KENDARAAN BERMOTOR
Main Authors: | ROSYIDI, FIKTOR, Dwikoranto, - |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Inovasi Pendidikan Fisika
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/909 |
Daftar Isi:
- Usaha untuk menghemat pemakaian bahan bakar merupakan pekerjaan yang sangat penting yang harus dilakukan saat ini dan masa depan, salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan Brown Gas. Di sisi lain, penggunaan Brown Gas pada kendaraan sebagai bahan bakar belum optimal, hanya menggunakan elektrolisis sederhana, memperpendek usia aki, energi listrik sisa pengisian masih terbuang, elektrolisis belum memanfaatkan sistem HTES, hasil gas hidrogen belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data kadar emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar sepeda motor berbahan bakar bensin dan dengan menggunakan WGES. Penelitian dilakukan dengan dua pengujian, yaitu pengujian standar dan pengujian eksperimen dengan menggunakan WGES. Data yang telah diperoleh dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik yang kemudian akan dianalisis dan ditarik kesimpulannya, sehingga dapat diketahui perbandingan antara penggunaan WGES dengan standar. Dari data perbandingannya maka dapat diketahui persentase konsumsi bahan bakar dan kadar emisi gas buang pada Honda GL MAX 124,1 cc yang masih standart dan menggunakan WGES. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan WGES dapat menurunkan konsumsi bahan bakar dan meningkatkan kualitas emisi gas buang. Penurunan konsumsi bahan tertinggi sebesar 62% didapatkan pada putaran 6000 rpm. Selain itu juga terjadi peningkatan kualitas emisi gas buang dengan menurunnya kadar emisi CO, HC, dan meningkatnya kadar CO2. Penurunan emisi kadar CO tertinggi yang sebelumnya 9,22% vol pada pengujian standart menjadi 3.92% vol dengan menggunakan WGES pada putaran 6000 rpm, penurunan kadar HC tertinggi yang sebelumnya 2728,33 ppm pada pengujian standart menjadi 178,00 ppm pada pengujian WGES, kenaikan kadar CO2 tertinggi yang sebelumnya 5,33% vol pada pengujian standart menjadi 8,57 % vol pada pengujian WGES. Siswa di kelas 2 mesin otomotif SMK NEGERI 2 PURWOSARI BOJONEGORO mempunyai respons yang sangat kuat sekali sebesar 94%. Kata Kunci: Brown Gas, WGES, Konsumsi bahan bakar, Emisi gas buang, respons siswa Abstract The efforts to find many kind of alternative energy and ways to economize the fuel consumption is an important project that has to be done at this time and in the future, one of the effort is by sing Brown Gas. In other side, the usage of Brown Gas as vehicle fuel is not optimal yet, only use the simple electrolysis, shorten the battery life, the electric energy of charging residue still discard, electrolysis is not use HTES system yet, and the hydrogen gas result is not maximal yet. The aims of this research are to get the data of exhaust emission degree and fuel consumption of motorcycle which use gasoline and use WGES. Type of the research was experimental research. This research was conducted by two test, those were standard testing and experiment testing by using WGES. The obtained data was input into the table and presented into graph then analyzed and concluded then the comparison between the WGES usage and the standard can be obtained. From data of its comparison, percentage of fuel consumption can be obtained and exhaust emission degree of Honda GL Max 124,1 cc that still standard and use WGES. Based on result of the research, it can be concluded that the usage of WGES can decrease the fuel consumption and increase the quality of exhaust emission. The greatest decreasing of fuel consumption is 62% at 6000 rpm. While the increasing of quality is also happen on exhaust emission by the decreasing CO and HC emission, and the increasing of CO2. The previous highest decreasing of CO emission was 9.22% Vol on standard testing and become 3.92% Vol by using WGES at of 6000 rpm, the previous highest decreasing of HC was 2728.22 ppm on standard testing and become 178.00 ppm on WGES testing, the previous highest increasing of CO2 was 5.33% Vol on standard testing and become 8.57% Vol on WGES testing. The students of 2nd grade otomotive machine in SMK Negeri 2 Purwosari Bojonegoro also have a good response that was 94%. Keywords: Brown Gas, WGES, fuel consumption, exhaust emission