PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournament) DENGAN PERMAINAN PHYSICS SQUARES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BUNYI KELAS VIII SMP NEGERI 6 SURABAYA

Main Authors: PRIHASTUTI, TINUS, Mulyanratna, Madewi
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Inovasi Pendidikan Fisika , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/808
Daftar Isi:
  • Abstract. Based on interview with one of physics teachers at SMP Negeri 6 Surabaya is known that there are some students who do not quite active in learning and some students have achievement less than KKM, so it requires a learning model that can motivate students to active in physics learning in order to maximize student achievement. Therefore, researchers try to apply the cooperative learning model type TGT with physics squares game. The purpose of this study was describing the role of cooperative learning model type TGT with physics squares game to student achievement and knowing the student’s response to the application of cooperative learning model type TGT with physics squares game on the subject matter of sound. This type of research is pre experimental design. The study population was students of SMP 6 Surabaya grade VIII in the study sample consisted of an experiment class (VIII-E). From the analysis of normality test and homogeneity test of all available classes are normally distributed and homogeneous. From the tournament of physics squares game was obtained the average point of student and from the post-test was obtained student achievement. And then to determinate the relationship between average point of student and student achievement using analysis of correlation, so it obtained coefficient of determination is 44.3%. While from the questionnaire analysis known that the application of the cooperative learning model type TGT with physics squares game get positive responses from students. From the results of data analysis can be concluded that the application of the cooperative learning model type TGT with physics squares game have a positive role to student achievement and get positive responses from student in the subject matter sound grade VIII SMPN 6 Surabaya. . Keywords: physics squares game, cooperative learning model type TGT, student achievement, and sound. Abstrak. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru fisika di SMP Negeri 6 Surabaya diketahui bahwa di sekolah tersebut ada beberapa siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran dan beberapa siswa yang memiliki nilai di bawah KKM, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran fisika agar hasil belajar siswa lebih maksimal. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan physics squares. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan physics squares terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan physics squares pada materi pokok bunyi. Jenis penelitian ini adalah pra experimental design. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 6 Surabaya kelas VIII dengan sampel penelitian terdiri atas satu kelas eksperimen (VIII-E). Dari analisis uji normalitas dan homogenitas didapatkan semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari permainan physics squares diperoleh poin rata-rata siswa pada permainan tersebut dan dari post-test diperoleh hasil belajar siswa. Kemudian untuk menentukan hubungan antara poin rata-rata siswa pada permainan physics squares dengan hasil belajar siswa digunakan analisis korelas, sehingga diperoleh koefisien determinasi sebesar 44,3%. Sedangkan dari analisis angket diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan physics squares mendapat respon positif dari siswa. Dari analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan physics squares berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bunyi di kelas VIII SMP Negeri 6 Surabaya. Kata-kata kunci : permainan physics squares, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, hasil belajar siswa, dan bunyi.