Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kalor Kelas X SMA

Main Authors: Komariyah, Nuril, Setyarsih, Woro
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Inovasi Pendidikan Fisika , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/4398
Daftar Isi:
  • Telah dilaksanakan penelitian dengan desain one group pre-test post-test design di SMAN 1 Jombang yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa selama proses pembelajaran melalui model Problem Based Instruction pada materi kalor, mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction, mendeskripsikan hubungan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar. Berpikir kritis merupakan kemampuan untuk menganalisis informasi atau suatu permasalahan secara rasional untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Terdapat lima indikator berpikir kritis menurut pendapat Ennis. Saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, siswa terlatih untuk mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, memberikan pendapat hingga menanggapi pendapat hingga dapat mengajukan solusi dari permasalahn yang disajikan. Kemampuan berpikir kritis diamati melalui observasi dan dilakukan tes berupa soal uraian pada LES. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X-1, X-2, dan X-3 di SMAN 1 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang dilatihkan melalui pembelajaran Problem Based Instruction mengalami peningkatan untuk semua indikator. Kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,7 dan termasuk dalam kriteria baik Kemampuan berpikir kritis kritis siswa berpengaruh pada hasil belajar kognitif dan afektif tetapi tidak berpengaruh pada hasil belajar psikomotor. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dapat memperoleh nilai kognitif maupun afektif yang tinggi, namun siswa yang memperoleh nilai kognitif maupun afektif tinggi belum tentu mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi. Kata Kunci : pembelajaran Problem Based Instruction, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar Abstract Already research with one group pre-test post-test design at SMAN 1 Jombang. The purpose of this research to describe the ability of critical thinking in learning process with Problem Based Instruction, to describe student ability of critical thinking after learning with Problem Based Instruction model, to describe the relationship between the student ability of critical thinking and result of learning. Critical thinking is an ability to analysis the information or the problem in a rational manner to get solution. According Ennis, there are 5 indicator for critical idea. In the process of learning, the student practice to present a question, respond a question, give an opinion and respond an opinion until give solution for the problem. The ability of critical thinking gotten by observation and has been done by essay test on LES. Population of this research were student in class X-1,X-2, and X-3 at SMAN 1 Jombang. The result showing that student ability of critical thinking have been drilled by Problem Based Instruction learning for all indicator. Student ability of critical thinking after application Problem Based Instruction learning model got value score 7,7 and classified in good category. Student ability of critical thinking influence to result of cognitive and affective too, but not to the result of psychomotor. Student with the high ability of critical thinking can get high score in cognitive and affective, however student that get high score in cognitive and affective not yet have high ability of critical idea. Key word: Problem Based Instruction learning, The ability of critical thinking, result of learning