PENGARUH PENERAPAN LKS DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

Main Authors: Ratnasari, Wita, -, Suliyanah
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Inovasi Pendidikan Fisika , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/4374
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMK Negeri 1 Boyolangu diketahui bahwa siswa dikatakan tuntas belajar apabila nilainya ≥ 75, sedangkan standart ketuntasan klasikal tercapai jika terdapat 80% siswa mencapai daya serap. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika di SMK Negeri 1 Boyolangu terutama mata pelajaran fisika bahwa kegiatan laboratorium di sekolah ini belum maksimal dan masih terbatasnya alat-alat eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pengaruh penerapan LKS dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa, maka dapat diketahui bahwa hasil belajar kelas eksperimen berdasarkan standart kelulusan sebesar 55% dan kelas kontrol sebesar 30% maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan LKS terhadap hasil belajar siswa sebesar 55% . Rancangan penelitian ini adalah random pretest dan posttest design. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen (XI-MM 2) dan satu kelas kontrol (XI-MM 1). Berdasarkan hasil analisis uji normalitas dan homogenitas didapatkan semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis uji-t dua pihak didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan thitung sebesar 2,39 dan ttabel sebesar 2,00. Nilai thitung pada uji-t satu pihak kelas XI-MM 1 dan kelas XI-MM 2 adalah 2,38 dengan ttabel sebesar 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pengaruh penerapan LKS dalam model pembelajaran lamgsung terhadap hasil belajar siswa untuk ranah kognitif,afektif dan psikomotor diketahui rata-rata sebesar 2,53 untuk kelas kontrol dan untuk kelas eksperimen sebesar 5,90 Kata kunci: Penerapan LKS (Lembar Kerja Siswa), Model pengajaran langsung, Hasil belajar siswa, Kalor. Based on the observations at SMK Negeri 1 Boyolangu, students learn completely if the score ≥ 75, while the standard classical completeness achieved if 80% of students achieve the content. Based on the interviews with physics teacher at SMK Negeri 1 Boyolangu especially subjects physics laboratory activities at school still not maximized and limited of the experimental tools. The objective of this study to describe the effect of direct instruction worksheets for student learning outcomes, it can be seen that the results of the experimental study based on standard passing grade is 55% and 30% in control class then can be concluded that the effect of Student worksheet in the student learning outcomes is 55 %. The design of this experiment is randomized pretest and posttest design. The sample of this research are an experimental class (XI-MM 2) and a control class (XI-MM 1). Based on the tests of normality and homogeneity, all classes are normally distributed and homogeneous. Based on the two pairs t-test analysis, there is a difference between an average grade of student learning outcomes in experiments class and control class with tcount 2.39 and ttable 2.00. One pair t-test values, MM XI 1 and MM XI 2 class that is 2.39 and ttable 1.67. This result suggests that the average experimental class learning outcomes better than the control class. Influence the application of the student worksheet with direct instruction model on learning outcomes of students to the cognitive, affective and psychomotor known to the average of 2.53 for the control class and 5.90 for the experimental class. Keyword : Application of student worksheet, direct instruction model, student learning outcomes, heat.