PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII-C DI SMP NEGERI 4 KEDIRI

Main Authors: RIZKY MADAWATI, TITAH Rizky, Sunarti, Titin
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Inovasi Pendidikan Fisika , 2012
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/392
Daftar Isi:
  • Based on observations and interviews conducted by researchers at the Junior High School 4 Kediri known that the subject matter physics VIII-class sound at a low C to students who complete at 57.5% and 42.5% unresolved. In addition to the relatively low completeness, lab activities were held twice a semester. Based on these results, it is known that learning physics is more emphasis on content and less emphasis on hands-on so that students are lacking in the science process skills. This study aims to determine 1) the activities of teachers and students; 2) students' science process skills, 3) student learning outcomes, 4) the response of students towards learning inquiry in the light material. The design of this study is that PTK with three rounds each rotation consisting of design, activity, or observation, reflection and revision. Objectives of this study was a class VIII student SMP-C 4 Kediri. The research activities of the teacher in round I, II, III and IV has decreased. Student activity in round I, II, III and IV have increased. This condition indicates that the inquiry learning students are more active in learning. Science process skills of students seen each aspect has increased in each round. Student learning outcomes in round I and II have not reached a predetermined standard of thoroughness Junior High School 4 Kediri, but on the third and fourth rounds of student learning outcomes have met the standards of thoroughness. Response to student learning outcomes in inquiry revealed quite interesting and not boring. Based on research results obtained by applying the learning that inquiry in light of material activities teachers in aspects of inquiry can be decreased, whereas increased student activities, science process skills and increased student learning outcomes and provide an adequate response. Suggested in this study is the best teacher to continue the implementation of inquiry in the next round or the material because the students already have an understanding of this learning. Keywords: inquiry learning, science process skills, learning outcomes, the light Abstrak. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 4 Kediri diketahui bahwa nilai mata pelajaran fisika materi bunyi pada kelas VIII-C rendah dengan siswa yang tuntas sebesar 57,5% dan yang belum tuntas sebesar 42,5%. Selain ketuntasan yang relatif rendah, kegiatan praktikum pun diadakan dua kali dalam satu semester. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa pembelajaran fisika lebih menekankan pada materi dan kurang menekankan pada hands-on sehingga siswa kurang dalam memiliki keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) aktivitas guru dan siswa; 2) keterampilan proses sains siswa; 3) hasil belajar siswa; 4) respons siswa terhadap pembelajaran inkuiri pada materi cahaya. Rancangan penelitian ini adalah PTK dengan tiga putaran yang tiap putarannya terdiri dari rancangan, kegiatan atau observasi, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 4 Kediri. Hasil penelitian aktivitas guru pada putaran I, II, III dan IV mengalami penurunan. Aktivitas siswa pada putaran I, II, III dan IV mengalami peningkatan. Kondisi ini menunjukkan bahwa dengan pembelajaran inkuiri siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Keterampilan proses sains siswa dilihat dari masing-masing aspek mengalami peningkatan di setiap putaran. Hasil belajar siswa pada putaran I dan II belum mencapai standar ketuntasan yang telah ditetapkan SMP Negeri 4 Kediri, namun pada putaran III dan IV hasil belajar siswa telah memenuhi standar ketuntasan. Hasil respons siswa pada pembelajaran inkuiri dinyatakan cukup menarik dan tidak membosankan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menerapkan pembelajaran inkuiri pada materi cahaya ativitas guru dalam aspek inkuiri dapat menurun, sedangkan aktivitas siswa meningkat, keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan memberikan respons yang cukup. Disarankan dalam penelitian ini adalah sebaiknya guru melanjutkan penerapan inkuiri pada putaran atau materi selanjutnya karena siswa sudah memiliki pemahaman terhadap pembelajaran ini. Kata-kata kunci: pembelajaran inkuiri, keterampilan proses sains, hasil belajar, cahaya