Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Materi Perpindahan Kalor di Kelas X SMA Negeri I Dawarblandong Mojokerto
Main Authors: | Wongso, Yusuf, Budiningarti, Hermin |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Inovasi Pendidikan Fisika
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3560 |
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Materi Perpindahan Kalor di Kelas X SMA Negeri I Dawarblandong Mojokerto”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, aktivitas guru, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kelompok secara khusus, dengan adanya Kelompok Asal, Kelompok Ahli, Panduan Topik Materi (PTM), kuis, dan adanya penghargaan bagi kelompok terbaik, sehingga siswa akan termotivasi untuk belajar materi tersebut dengan baik. Penelitian ini mengambil materi perpindahan kalor karena materi tersebut dapat dibagi menjadi beberapa sub materi dan materi tersebut berkaitan erat dengan peristiwa yang dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari.. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang dominan dalam pembelajaran ini adalah mendiskusikan tugas, membaca, dan melakukan keterampilan kooperatif, seperti: bertanya dan berada dalam tugas, aktivitas guru selama kegiatan pembelajaran adalah sebesar 3,54 dan dapat dinyatakan baik; hasil belajar kognitif siswa sebagai hasil post-test dapat dinyatakan baik, dengan rata-rata skor kelas sebesar 81,42 dan telah tutas secara klasikal sebesar 68 % , hasil belajar psikomotor siswa dapat dinyatakan sangat baik dengan skor rata-rata kelas sebesar 3,62, hasil belajar afektif siswa dapat dinyatakan sangat baik dengan skor rata-rata kelas sebesar 3,70, hasil respon siswa dominan pada kriteria setuju terhadap pembelajaran ini, dan dinyatakan memiliki respon positif terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw. Kendala yang dialami oleh peneliti dalam implementasi model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw adalah kurangnya pemahaman siswa secara mendalam terhadap langkah-langkah model pembelajaran Tipe Jigsaw, dan kurangnya pengaturan alokasi waktu pembelajaran.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Perpindahan KalorAbstractHave done a study entitled “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Materi Perpindahan Kalor di Kelas X SMA Negeri I Dawarblandong Mojokerto”. This study aimed to describe the activities of students, teacher activity, student learning outcomes, and student responses to the implementation of the Jigsaw cooperative learning. Jigsaw cooperative learning is a group of learning models in particular, with the Origin Group, the Group of Experts, Free Topic Matter, quizzes, and the award for best group, so that students will be motivated to learn the material well. This study takes the heat transfer material because such material can be divided into several sub-material and the material is closely related to the events experienced by students in daily life .. This research is a descriptive study. The results showed that the predominant activity of students in this learning task is to discuss, read, and perform cooperative skills, such as: asking and being in the task, the teacher activity during learning activities amounted to 3.54 and can be expressed either; cognitive achievement of students as post-test results can be expressed well, with an average score of 81.42 and has classes in classical tutas by 68%, psychomotor student learning outcomes can be expressed very well with the class average score of 3.62, affective student learning outcomes can be expressed very well with the class average score of 3.70, the results of student responses predominantly on criteria agreed to this study, and determined to have a positive response to the implementation of the Jigsaw cooperative learning model type. Constraints experienced by researchers in the implementation of the Jigsaw cooperative learning model type is the lack of student understanding in depth the steps Jigsaw type learning model, and the lack of instructional time allocation arrangements.Key words: Keywords: Cooperative Learning Type Jigsaw, Learning Outcomes, Heat Transfer.