PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KIT FLUIDA STATIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SUB MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MOJOSARI, MOJOKERTO

Main Authors: Pramesty, Rosalina Indah, Prabowo, -
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Inovasi Pendidikan Fisika , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3554
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Mojosari, diketahui bahwa sekolah tersebut belum memiliki alat peraga kit fluida statis yang mampu membantu siswa memperoleh pengalaman belajar secara langsung melalui percobaan sehingga siswa mampu berpikir, bekerja, bersikap ilmiah dan mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga kit fluida statis pada umumnya dan mendeskripsikan kelayakan alat peraga, ketuntasan belajar siswa serta respons siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga kit fluida statis. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Mojosari dengan menggunakan metode penelitian pengembangan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Mojosari. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas replikasi (XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 6). Sebelum proses pengambilan data, alat peraga kit fluida statis yang dikembangkan ditelaah dan divalidasi oleh dosen ahli media dan guru bidang studi. Berdasarkan penilaian alat peraga kit fluida statis didapatkan persentase sebesar 77% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media alat peraga kit fluida mengalami kenaikan sehingga diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 85,80%. Skor perkembangan (gain skor) mencapai 0,8 dengan kriteria tinggi. Pembelajaran dengan menggunakan media alat peraga kit fluida statis juga mendapatkan respons yang baik dari siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase hasil analisis angket respons siswa yang mencapai 92,5% dengan kriteria sangat kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga kit fluida statis yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran di SMA Negeri 1 Mojosari, MojokertoKata kunci : alat peraga kit fluida statis, fluida statis.ABSTRACTAccording to result of interview and observation at SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto detected that the school don’t have visual equipment like static fluids kit who able to help the student get real experience in studying to get a good result of study. The purpose of this research in general, for developed static fluids kit visual equipment, describe the expedience of visual equipment, result of study and response of student after learning with static fluids kit visual equipment. The research does at SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto with research and development method. The population is the entire student in class XI IPA at SMA Negeri 1 Mojosari. The sample of this research a consist of 3 replication class (XI IPA 1, XI IPA 2 and XI IPA 6). Before removal data begin, the visual equipment of static fluids kit must be validation for professional lecture and lesson teacher. According to assessment from visual equipment of static fluids kit, it get 77 % with good category. The result of study after learning use visual equipment of static fluids kit increase, so the percentage of completeness result studies in classical getting to 85,80 % and gain score getting to 0,8 with good criteria. Learning process using visual equipment of static fluids kit get good response from the student. It proof with percentage result of analyze student questionnaire response who getting 92,5 % and very strong category. Result of research indicate that visual equipment of static fluids kit reasonable to applying in process learning at SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto.Keyword : visual equipment of static fluids kit, static fluids.