PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN OPTIK GEOMETRIS KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 SURABAYA
Main Authors: | Wulandari, Findawati Dwi Putri, Arief, Alimufi |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Inovasi Pendidikan Fisika
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3508 |
Daftar Isi:
- Telah dilaksanakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain true experimental design di SMPN 30 Surabaya yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dan respons siswa dengan menerapkan model pembelajaran aktif melalui strategi rotating trio exchange terhadap prestasi belajar siswa pada sub pokok bahasan optik geometris kelas VIII. Dengan menerapkan model pembelajaran aktif melalui strategi rotating trio exchange diharapkan dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada materi optik geometris. Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas kontrol (VIII-C) dan kelas eksperimen (VIII-D, VIII-E, dan VIII-F). Hasil analisis dengan menggunakan uji t dua pihak didapatkan bahwa rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Nilai thitung pada uji t satu pihak pada kelas eksperimen (VIII-D, VIII-E, dan VIII-F) sebesar 7,022; 8,156; dan 10,399 dengan ttabel sebesar 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis regresi dan korelasi didapatkan bahwa model pembelajaran aktif melalui strategi rotating trio exchange berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif dengan korelasi pada ranah kognitif r2 = 0,937 atau 93,7% dan pada ranah psikomotor dan afektif r2 = 0,929 atau 92,9%. Penerapan model pembelajaran aktif melalui strategi rotating trio exchange di kelas eksperimen mendapat respons sangat baik dari siswa.Kata Kunci : Model Pembelajaran Aktif, Strategi Rotating Trio Exchange, prestasi belajar siswaAbstractHave been done experimental research with true experimental design at SMPN 30 Surabaya that is held to describe influence and the student’s response with application the model of active learning through strategy rotating trio exchange to student learning achievements at basic material optic geometris VIII class. Application the model of active learning through strategy rotating trio exchange wish can influence to student learning achievements at basic material optic geometris. Sample of this research get random sampling technique is control class (VIII-C) amd experiment classes (VIII-D, VIII-E, and VIII-F). Results of analysis using the t test two parties, found that the average value of experiment classes and control class is different. The value of tcount from t test one part experimental classes (VIII-D, VIII-E, and VIII-F) are 7,022; 8,156; dan 10,399 with the ttable of 1,67. This indicates that the average student learning outcomes experimental classes was better than the control class. According to analysis using regresi and korelasi getsthe model of active learning through strategy rotating trio exchange is positive influence to student learning achievements at kognitif, psikomotor, and afektif aspect with korelasi at kognitif aspect r2 = 0,937 atau 93,7% and psikomotor and afektif aspect r2 = 0,929 atau 92,9%. Application the model of active learning through strategy rotating trio exchange in experimental classes gets very good response from students.Keywords: The model of active learning, strategy rotating trio exchange, student learning achievements