PEMANFAATAN VISUALISASI VIDEO PERCOBAAN GRAVITY CURRENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS

Main Author: Ain, Trise Nurul
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Inovasi Pendidikan Fisika , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3015
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa dengan memanfaatkan visualisasi serangkaian video percobaan gravity current pada materi pokok tekanan hidrostatis. Metode yang digunakan adalah One Group Pre-Test Post-Test Design dengan menggunakan satu kelas sampel penelitian. Pre-Test diberikan sebelum perlakuan untuk mengukur pemahaman awal siswa sedangkan Post-Test diberikan untuk mengukur pemahaman akhir siswa setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil Pre-Test dan Post-Test didapatkan nilai uji-t berpasangan sebesar 27,93. Nilai tersebut lebih besar dari sehingga Ho ditolak dengan reliabilitas 95%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan. Hasil dari analisis skor gain ternormalisasi didapatkan 22 siswa (64,7%) mendapatkan skor gain tinggi dan 12 siswa (35,3%) mendapatkan skor gain sedang serta skor gain rata-rata keseluruhan siswa sebesar 0,74 yang berkategori tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan visualisasi video percobaan gravity current pada RPP 1 dan RPP 2 yang diamati oleh dua orang pengamat adalah terlaksana dengan baik. Siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Kata kunci: tekanan hidrostatis, gravity current Abstract This research aims to develop and improve student’s understanding of physics relevant to the concept of hydrostatic pressure given to students Grade XI. The research was performed by visualizing clips made up from gravity current experiments. The method used is One Group Pre-Test Post-Test Design. Pre-Test was given before treatment to measure student’s initial understanding of the problem, while post-test was given to measure student’s final understanding. Paired sample t-test results in 27.93, which is greater than . Therefore, Ho is rejected by a score of reliability 95%. Based on the result, it can be concluded that there is a significant result in improving student’s understanding. Result of gain score are 22 students (64,7%) get high gain score, 12 students (35,3%) get medium gain score and average gain score for all students is 0,74 which is high. The feasibility of lesson by using visualization of gravity current experiment in laboratory on lesson plan 1 and lesson plan 2 by two observers are good. Students gave positive responses to the lesson had done. Keywords: hydrostatic pressure, gravity current.