PERAN ANALISIS TUGAS DALAM GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN ALAT OPTIK KELAS X DI SMAN 15 SURABAYA
Main Authors: | Widyagarini, Puspita, Anggaryani, Mita |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Inovasi Pendidikan Fisika
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3011 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran analisis tugas dalam Group Investigation terhadap aktivitas siswa dan pemahaman konsep. Rancangan penelitian ini adalah one group pre-test post-test design, dengan sampel yang digunakan sebagai subyeknya adalah kelas X-1, kelas X-2, dan kelas X-10 di SMAN 15 Surabaya. Hasil pre-test dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Langkah selanjutnya siswa diberikan post-test, dari hasil nilai pre-test dan post-test dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik uji-t dua pihak untuk mengetahui perbedaan hasil rata-rata nilai pre-test dan post-test. Dari hasil uji menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test dan post-test di ketiga kelas berbeda. Sehingga menunjukkan bahwa hasil post-test lebih baik dari hasil pre-test. Hubungan hasil analisis tugas dengan hasil pemahaman konsep ditunjukkan dengan regresi Y= 209.64-1.607X dan koefisien determinasi sebesar 96%. Hubungan hasil analisis tugas dengan hasil aktivitas siswa ditunjukkan dengan regresi Y=X dan koefisien determinasi sebesar 100%. Hubungan hasil aktivitas siswa dengan hasil pemahaman konsep ditunjukkan dengan regresi Y= 11.579+0.7895X dan koefisien determinasi sebesar 16%. Kata kunci: Model kooperatif tipe Group Investigation, analisis tugas siswa, pemahaman konsep, aktivitas siswa, dan alat optik. Abstract The purpose of this research is to describe the role of task analysis on group investigation against to student activity and understanding of concept. The design of this research is one group pre-test post-test design by using sample of research are class X-1, X-2, and X-10 in SMAN 15 Surabaya. The students were given post-test, from the result of pre-test and post-test do hypothesis test used by statistical analyze t-test to know the differences of average the pre-test and post-test. The results of the pre-test and post-test from three classes sample are different. So, it shows that the result of post-test is better than the pre-test result. The relation of the results of task analysis with the results of concept understanding shown by regression Y= 209.64-1.607X and determination coefficient 96%. The relation of the results of task analysis with the results of students activity shown by regression Y=X and the determination coefficient 100%. The relation of the results of students activity with the results of concept understanding shown by regression Y= 11.579+0.7895X and the determination coefficient 16%. Keyword: Cooperative model type group investigation, task analysis, understanding of concept, and optical instrument